Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO
adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang
bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan
melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan
mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO
adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya
halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang
ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada
hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan
pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan
jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin
meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan
peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan
pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan
jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki
basis usaha di internet.
Sejarah
Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization
pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam
yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum
terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal
algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan
oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta
tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu
halaman web dengan serangkaian katakunci (keyword). Sebagian
webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang
tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin
pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini
menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan
kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang
mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.
Larry Page
dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas
Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun
Backrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan
matematika untuk memeringkat halaman web. Algoritma tersebut, yang
dinamakan PageRank, merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa
kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu
halaman web dengan analisis atas kualitas masing-masing link tersebut.
Berdasarkan
prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web
yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link
oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila
halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi.
Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi seperti Yahoo! atau DMOZ
dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link dari seratus
situs web berkualitas rendah.
Backrub hanyalah sebuah permulaan.
Pada tahun 1998 Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi
tingkat lanjut dari Backrub. Dalam waktu singkat Google memperoleh
reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil
menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat,
dan relevan. PageRank lantas menjadi standar baik bagi mesin pencari
lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs webnya memperoleh
nilai PageRank setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada
hasil pencarian.
Sumber : Search Engine Optimization
Posting Komentar